Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari / Sprint/ Speed Sepakbola 2016

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari  Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari / Sprint/ Speed Sepakbola 2016
Training Speed - Kecepatan merupakan faktor yang penting di dalam sepakbola. Seorang pemain yang mempunyai kecepatan yang baik, akan mempunyai nilai tambah yang berharga dalam permainannya. Beberapa posisi bahkan mengharuskan pemain untuk mempunyai kecepatan yang baik ibarat bek sayap, penyerang sayap, dan striker.

Memang untuk menjadi pemain sepak bola yang handal, haruslah mempunyai kemampuan kecepatan dan ketahanan fisik yang handal disamping kemampuan skill dalam memainkan bola dan taktik permainan. Kecepatan ialah suatu komponen terpenting bagi pemain sepak bola. Apalagi bila posisinya berada di ujung tombak atau straiker yang sering mendapatkan umpan-umpan ke depan. Dia harus berpacu dengan kecepatan lari dengan pemain bertahan musuh yang akan merebut bola.

Baca Juga: Trik Rahasia Kekuatan Dribbling Bola Solo Run Lionel Messi 2016
Berbeda dengan sprinter, pemain sepakbola tidak akan berlari hingga jarak 100 meter. Jarak sprint terjauh yang dilakukan pemain sepakbola dikala pertandingan hanya berkisar antara 10-20 meter. Maka dari itu, akselerasi menjadi hal yang paling penting bagi kecepatan pemain sepakbola. Bagaimana untuk sanggup mencapai kecepatan maksimal dalam waktu singkat.
Berikut ialah beberapa cara untuk melatih kecepatan dalam sepakbola.
- Sebagai permulaan, berlatih dengan melaksanakan sprint sejauh 10-20 meter baik untuk membiasakan badan anda untuk melakkan akselerasi cepat. Jangan sekedar berfokus pada kecepatan, tapi pikirkan juga cara berlari anda. Lakukan gerakan yang efisien sehingga tidak ada tenaga yang terbuang sia-sia. Jika anda bersama rekan setim, maka buat menjadi lebih menarik dengan saling beradu cepat.
- Lakukan latihan dengan menggunakan speed ladder. Latihan ini baik untuk melatih otot kaki anda untuk sanggup mengeluarkan ledakan dalam waktu singkat serta melatih koordinasi.

- Berlari dengan memakai parasut juga merupakan cara untuk meningkatkan kecepatan lari anda. Latihan ini akan melatih otot anda dengan membuatnya bekerja melawan hambatan.

- Meski tujuan kita ialah kecepatan, jangan lupakan latihan kekuatan. 
Bagaimanapun juga kaki sanggup bergerak dengan cepat tanggapan kerja otot yang menggerakannya. Maka mustahil anda sanggup berlari cepat tanpa otot yang kuat. Jangan juga berfikiran bahwa hanya otot kaki yang penting untuk dilatih, berlari bukan sekedar pekerjaan otot kaki. Tetap bimbing seluruh otot badan anda semoga badan anda tetap seimbang. Meski tentu saja, porsi latihan yang diberikan kepada otot kaki tentu lebih banyak dibandingkan yang lainnya.
Update Terbaru 2016
Latihan-latihan yang sanggup dilakukan untuk meningkatkan kecepatan pemain sepak bola adalah:



A. Lakukan pemanasan secara dinamis sebelum pelatihan

Sebelum melaksanakan latihan, lakukan pemanasan antara 10 – 15 menit. Tujuannya ialah untuk mempersiapkan fisik dan kelenturan badan anda pada dikala melaksanakan latihan. Pemanasan sanggup mengurangi resiko cedera.

B. Gerakan inti latihan kecepatan

Bagaimanakah cara meningkatkan kecepatan gerak?

Kecepatan gerak seseorang sanggup dilatih dan ditingkatkan melalui latihan-latihan yang intensif dan terprogram.

Berikut ini bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan gerak.


  1. Lari cepat dengan jarak 40 hingga 60 meter
  2. Lari dengan mengubah-ubah kecepatan (Dari  lambat dipercepat secara mendadak, kemudian melambatlagi, dipercepat lagi, dan seterusnya)
  3. Lari sprint berulang-ulang lima kali dengan jarak 10 meter
  4. Lari sprint berulangulang tiga kali dengan jarak 20 meter
  5. Lari sprint berulang-ulang dua kali dengan jarak 25 meter
  6. Lari naik turun bukit
  7. Lari menaiki tangga.



Latihan ini sanggup dilakukan seminggu tiga hingga lima kali dan menambah kecepatan sprint. Latihan sanggup dilakukan tidak atau sambil menggiring bola.

Untuk menjadi pemain sepak bola yang handal tidaklah terlepas dari kemampuan yang di sebut dengan DK5, yaitu daya tahan tubuh, kekuatan, kelentukan, kecepatan, dan kelincahan. Kelima faktor ini harus dimiliki para pemain untuk membuatkan ke posisi puncak. Dari kelima faktor tersebut yang menarik untuk dikaji  adalah faktor kecepatan dan kelincahan. Meski kecepatan dan kelincahan ini sanggup dibuat dari dalam diri (pembawaan) atau dari luar diri (karena bisa mengkombinasikan dari segala teknik yang dimiliki).

Bila  teknik dasar di atas didukung dengan kelincahan dan kecepatan, maka semakin tepat kemampuan seseorang. Sebagai contoh, kita lihat saja bintang-bintang sepak bola dunia Cristiano Ronaldo dan Leonel Messi. Keduanya, mempunyai skill dan kecepatan di atas rata-rata, pengolahan dengan dan tanpa bolanya begitu memikat dan ditunjang dengan kelincahan dan kecepatan yang dimilikinya, meski sedang berada di depan sendirian mereka sangat sulit dilarang oleh pemain bertahan lawan.

Tak sanggup dipungkiri dalam permainan sepak bola, factor kecepatan ini menjadi persoalan bagi siapapun pesepakbola dikala ini. Pergerakan yang lambat menjadi kelemahan paling menonjol bagi pemain sepak bola. Untuk memperoleh kelincahan dan kecepatan dalam bermain sepakbola dengan baik diharapkan daya tahan yang baik pula. Semakin seseorang mempunyai daya tahan badan yang kuat, maka semakin gampang pula kelincahan dan kecepatan itu diperoleh. Daya tahan, kelincahan dan kecepatan bisa didapatkan dengan melaksanakan  latihan yang rutin dan terprogram.

* Diolah dari aneka macam sumber.

Sekian update isu kali ini semoga bermanfaat dan sanggup menjadi tumpuan anda semua. Salam Sepakbola.
 

Ads

bandarq