Fakta Menarik Liga Champions 2014 Usai Madrid Raih Juara


Sepak-bola-id.blogspot.com - Usai sudah pergelaran kompetisi Liga Champions di demam isu 2013-2014. Di partai final yang berlangsung selama 130 menit (plus injury time) di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Minggu 25 Mei 2014, Real Madrid tampil sebagai juara liga champions sesudah menghancurkan perlawanan Atletico Madrid dengan skor telak 4-1 (0-1). Sempat tertinggal satu gol di babak pertama, Madrid jadinya membalikkan keadaan sampai babak perpanjangan waktu dengan skor 4-1.


Gol sundulan Diego Godin di menit 36 sempat membuat para pemain Madrid panik. Terus menekan, mereka jadinya bisa mencetak gol lewat sundulan Sergio Ramos di masa injury time babak kedua.

Skor imbang 1-1 bertahan sampai waktu normal berakhir dan extra time menjadi solusi demi menemukan pemenang di laga ini. Pada masa extra time, Madrid nyatanya tampil lebih efektif.

Menit 110, Gareth Bale sukses membawa Los Blancos berbalik unggul. Setelahnya, Marcelo dan Cristiano Ronaldo mencetak gol di menit 118 dan 120. Hingga simpulan laga, skor 4-1 untuk kemenangan Madrid bertahan.

Pertandingan semalam ternyata sudah membuat banyak catatan menarik di final Liga Champions. Dan berikut beberapa catatan menarik seputar final Liga Champions demam isu ini:
  1. Ini ialah gelar ke-10 Real Madrid di Liga Champions. La Decima! 
  2. Carlo Ancelotti menjadi instruktur kedua yang sukses memenangkan trofi Liga Champions sebanyak 3 kali. Sebelumnya, manajer Liverpool, Bob Paisley sudah melakukannya di 1977, 1978, dan 1981. 
  3. Ini ialah final Liga Champions ke-16 yang harus melewati babak perpanjangan waktu. Dan 10 di antaranya harus diakhiri lewat babak laga penalti demi mendapatkan pemenang. 
  4. Cristiano Ronaldo sukses membukukan 17 gol di demam isu 2013/14. Ini ialah rekor gol gres yang diciptakan di kompetisi Eropa.
  5. Cristiano Ronaldo juga sukses menjadi pemain kedua sesudah Vasovic (Partizan Belgrade vs Real Madrid pada 1966 and Ajax vs AC Milan pada 1969) yang bisa mencetak gol di final Liga Champions untuk dua klub berbeda.
  6. Cristiano Ronaldo sudah membukukan 67 gol di Liga Champions. Jumlah ini sama dengan yang diraih Lionel Messi di Liga Champions. Dan keduanya hanya butuh 4 gol lagi untuk menyamai rekor Raul Gonzales sebagai top scorer sepanjang masa Liga Champions.
  7. Gareth Bale menjadi pemain Wales pertama yang mencetak gol di Liga Champions atau kompetisi Eropa lainnya. 
  8. Real Madrid hanya bisa mengkonversi satu dari tiga penalti, menjadi gol di Liga Champions demam isu ini. 
  9. Sergio Ramos sudah mencetak 6 gol dari 7 penampilan terakhirnya bersama Real Madrid demam isu ini. 
  10. 6 dari 8 tim yang mencetak gol lebih dulu di final Liga Champions jadinya bisa mengangkat trofi. Atletico Madrid menjadi tim kedua yang gagal melakukannya usai Bayern Munich di 2012 silam. 
  11. Diego Godin menjadi pemain Uruguay pertama yang mencetak gol di final Liga Champions. 
  12. Atletico Madrid menjadi tim yang paling banyak mencetak gol sundulan di demam isu ini, 6 kali. 
  13. Raphael Varane menjadi pemain termuda Perancis yang bermain di final Liga Champions dengan usia 21 tahun 29 hari. 
  14. Di pertandingan semalam, Real Madrid hanya menurunkan 3 pemain Spanyol sebagai starter. Ini menjadi jumlah yang paling sedikit bagi Real Madrid di 13 final Liga Champions yang mereka ikuti.
  15. Final ini tercatat sebagai final yang mempertemukan derby dalam satu negara dalam 2 tahun yang berurutan.
  16. Final yang mempertemukan atletico madrid vs real madrid tercatat sebagai pertandingan derby ke 265.
  17. Final ini mempertemukan dua tim yang punya rekor sebagai tim dengan gol terbanyak dan tim dengan pertahanan terbaik.
  18. Ronaldo berhak mendapatkan sepatu emas 2 buah di demam isu ini. Pertama sebagai top skorer liga champions dengan 17 gol, kedua sebagai top skorer liga spanyol dengan 31 gol.Real madrid ialah kolektor liga champions terbanyak sepanjang sejarah dengan 10 thropy.
  19. Pertandingan Final liga champions terpanas membuat wasit Bjorn Kuipers asal Belanda harus bekerja keras. Total 12 kartu kuning (7 untuk pemain Atletico dan 5 bagi pemain Madrid) dikeluarkan.
  20. Bonus nomplok terbesar sepanjang sejarah dari real madrid untuk tottenham hotspur yaitu £ 20 juta. Jumlah ini ialah total dari klausul kontrak bonus dari Luca Modric (£ 5 juta ) dan Bale (£ 15 juta) jikalau madrid juara eropa.
  21. Bagi atletico madrid, gol bek real madrid Sergio Ramos di injury time ini mengulang sejarah kegagalan atletico madrid di final liga champions tahun 1973-1974. Saat itu keunggulan Luis Aragones dkk tinggal menunggu detik simpulan untuk dirayakan, namun gawang Miguel Reina jadinya jebol oleh sepakan keras Hans-Georg Schwarzenbeck, bek Muenchen dari luar kotak penalti. Kiper atletico Miguel Reina gagal mengantisipasi. Skor 1-1. Babak final lalu dilanjutkan dengan partai ulangan dua hari kemudian. Luis Aragones dkk bertekuk lutut 0-4 di tangan Franz Beckenbauer dkk. 
  22. Yang terakhir dan tak kalah super, Ronaldo akan menghabiskan bonus sebesar 750 ribu euro untuk membelikan kendaraan beroda empat untuk teman-teman Ronaldo dan tim teknis Real Madrid. Andai masih sisa, uangnya akan disumbangkan kepada forum amal Messengers of Peace.
Sekian update informasi kali ini seputar Kumpulan Fakta Menarik Liga Champions Musim 2013/ 2014 Usai Real Madrid Raih Juara. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Salam Sepakbola!
 

Ads

bandarq