Kilas Balik Piala Dunia 1934: Italia Juara Untuk Pertama Kali

 merupakan gelaran PD edisi kedua yang dilakukan  di Italia mulai  Kilas Balik Piala Dunia 1934: Italia Juara untuk Pertama Kali

Sepak-bola-id.blogspot.com - Piala Dunia tahun 1934 merupakan gelaran PD edisi kedua yang dilakukan di Italia mulai 27 Mei 1934 hingga 10 Juni 1934. Ada sebanyak 16 negara yang mengikuti putara final Piala Dunia ini, dan negara tersebut berasal dari 4 konfederasi, minus Asia dan Oceania. Uruguay, yang merupakan juara bertahan, menentukan bolos pada perhelatan Piala Dunia 1934 ini sebagai bentuk protes alasannya yaitu pada Piala Dunia 1930 di Uruguay sejumlah negara Eropa enggan hadir dan mengikuti turnamen pertama tersebut.


FIFA sendiri harus melaksanakan kongres hingga 8 kali sebelum setuju untuk menentukan Italia sebagai penyelenggara Piala Dunia. Dan itu diputuskan 2 tahun sebelum perhelatan Piala Dunia dimulai, atau tepatnya pada tahun 1932.

Piala Dunia kali ini juga menjadi Piala Dunia pertama yang menerapkan babak kualifikasi sebelum negara finalis masuk ke putaran final. Terdapat sebanyak 32 negara yang harus mengikuti babak kualifikasi, hingga akibatnya hanya menyisakan 16 negara sebagai akseptor putaran final, 3 negara lebih banyak dari akseptor Piala Dunia 1930. Italia sendiri juga harus mengikuti babak kualifikasi, meski mereka bertindak sebagai tuan rumah. Inilah kali pertama sekaligus terakhir, tuan rumah ikut babak kualifikasi.

Italia, yang berusaha merebut gelar juara, memulai kampanye mereka dengan manis ketika berhasil mengalahkan Amerika Serikat dengan skor telak 7-1 dan melaju kebabak perempat final. Di babak ini, Italia berhadapan dengan Spanyol dan kedudukan final yaitu 1-1. Karena peraturan ketika itu belum mengenal sistem penalti untuk menentukan pemenang, digelarlah langgar kedua keesokan harinya. Dan Spanyol pun harus mengakui ketangguhan Italia lewat gol semata wayang yang dilesakkan bintang masa depan mereka, Giuseppe Meazza.

Pada babak 4 besar, Italia telah dinantikan oleh Austria, yang berhasil melewati hadangan Hongaria. Cukup sebiji gol saja untuk mengantarkan Italia lolos ke babak puncak dan bertemu Cekoslowakia. 

Pada partai final, Cekoslowakia bergotong-royong sempat memimpin 1-0 hingga menit ke-80. Namun serangan bertubi yang dilancarkan pasukan asuhan Vittorio Pozzo itu akibatnya membuahkan hasil, alasannya yaitu Italia bisa membalikkan keadaan melalui Orsi dan Schiavio. Italia menang 2-1 dan berhasil menciptakan Italia merengkuh gelar juara dunia pertama mereka.
Hingga final perhelatan tercipta 70 gol dari 17 langgar yang digelar. Atau kalau dirata-rata, maka tercipta 4 gol pada setiap pertandingan. Cekoslowakia sendiri bisa pulang dengan kepala tegak sehabis penyerang mereka, Oldrich Nejedly, berhasil meraih sepatu emas dengan torehan 5 gol. 

Namun, ada kontroversi pada penyelenggaraan Piala Dunia 1934 ini. Dimana Argentina tidak menurunkan skuad terbaik secara lengkap alasannya yaitu mereka khawatir kalau pemain mereka akan dibajak oleh klub-klub Italia. Ini bermula dari Raimundo Orsi, pemain sayap kiri Argentina, yang dibajak Juventus sebelum pagelaran Piala Dunia 1930. Orsi kemudian pindah dan bermain untuk Italia pada Piala Dunia 1930. Dan pada Piala Dunia 1934, Orsi ikut membawa Italia merengkuh gelar juara dunia.

Negara Peserta Piala Dunia 1934
Italia; Cekoslowakia; Jerman; Austria; Amerika Serikat; Spanyol; Brasil; Hongaria; Mesir; Perancis; Rumania; Belanda; Swiss; Argentina; Swedia; Belgia

Sepuluh Fakta Piala Dunia 1934:
  1. Inilah kali pertama Piala Dunia tanpa diikuti juara bertahan. Uruguay, juara Piala Dunia pertama, menolak ikut serta sebagai protes -- lebih tepatnya pembalasan -- atas keengganan sejumlah negara Eropa menghadiri turnamen pertama di Montevideo empat tahun sebelumnya.
  2. Kendati bertindak sebagai tuan rumah, Italia harus mengikuti kualifikasi. Itulah kali pertama dan terakhir tuan rumah tidak otomatis menerima kawasan di putaran final.
  3. Brasil butuh waktu 11 hari untuk hingga ke Italia, alasannya yaitu tiba dengan kapal laut. Beberapa hari kemudian harus pulang, alasannya yaitu didepak Spanyol dalam langgar kualifikasi dengan kekalahan 3-1.
  4. Luisito Monti gagal memimpin Argentina menjadi juara Piala Dunia 1930 alasannya yaitu dikalahkan tuan rumah Uruguay. Empat tahun kemudian, Monti -- bersama Atilio Demaria dan Raimondo Orsi -- membantu tuan rumah Italia memenangkan Piala Dunia 1934.
  5. Kali pertama kapten dua tim finalis yaitu penjaga gawang; Frantisek Planicka di kubu Cekoslowakia, dan Giampiero Combi di kubu Italia.
  6. Kali pertama sistem kualifikasi diperkenalkan, alasannya yaitu jumlah negara yang mendaftar yaitu 32, sedangkan format turnamen hanya untuk 16 tim.
  7. Home Nation -- istilah dalam olahraga untuk menyebut Irlandia Utara, Skotlandia, Wales, dan Inggris yang tergabung dalam Britania Raya -- menolak berpartisipasi. Charles Sutcliffe, anggota komite FA ketika itu, berpandangan asosiasi sepakbola Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara, cukup bisa menyelenggarakan Kejuaraan Dunia yang jauh lebih baik dari yang diadakan di Roma.
  8. Wasit Rene Mercet melaksanakan tindakan memalukan; berpihak ke Italia dengan menganulir dua gol Spanyol. Giuseppe Meazza mencetak gol tunggal kemenangan Italia dalam langgar ulangan ini. Pada langgar sebelumnya kedua tim bermain 1-1. Ada tuduhan pejabat Italia menyuap Mercet, dan mensugesti dua wasit lainnya; Louis Baert (Belgia) dan Ivan Eklind (Swedia). Mercet kemudian dieksekusi Asosiasi Sepakbola Swiss.
  9. Ivan Eklind memimpin final Italia-Cekoslowakia. Sebelum laga, Eklind bertemu Benito Mussolini, pemimpin fasis Italia. Apakah Eklind disuap? Masih bisa diperdebatkan. Namun pers Eropa menyebut keterlibatkan Eklind dalam final itu sebagai "greatest sporting fiasco ever", hanya alasannya yaitu beliau menghormati seni administrasi yang dimainkan Italia.
  10. Aldo "Buff" Teo Donelli menjadi pemain AS pertama yang mencetak gol di Piala Dunia, ketika Paman Sam dikalahkan Italia 7-1 dalam langgar pertama Piala Dunia 1934.

Juara: Italia
Runner-Up: Republik Ceko
Skor Tertinggi: Italia vs. Amerika Serikat 7 - 1 (Putaran Awal)
Total Gol: 70
Rata-Rata Gol: 4.12
Topskor: 5 Gol:
Oldrich Nejedly, Republik Ceko
Pencetak Gol Terbanyak Satu Pertandingan: 3 Gol:
Angelo Schiavio, Italia
Edmund Conen, Jerman
Oldrich Nejedly, Republik Ceko
Penonton Terbanyak: 55.000 (Italia - Republik Ceko, Final)
Total Penonton: 363.000
Rata-Rata Penonton: 21.352
Penampilan Perdana: Swedia, Jerman, Italia, Belanda, Swiss, Austria, Spanyol, Hongaria, Republik Ceko, Mesir
Nama-Nama Stadion: Luigi Ferraris Benito Mussolini
Giovanni Berta San Siro
Littorio Stadio Nazionale del P.N.F.
Giorgio Ascarelli Littorale

Putaran Awal
Spanyol  -  Brasil  3-1    (Mei 27, Luigi Ferraris)
Austria  -  Prancis  3-2 A.E.T    (Mei 27, Benito Mussolini)
Jerman  -  Belgia  5-2    (Mei 27, Giovanni Berta)
Swiss  -  Belanda  3-2    (Mei 27, San Siro)
Republik Ceko  -  Rumania  2-1    (Mei 27, Littorio)
Italia  -  Amerika Serikat  7-1    (Mei 27, Stadio Nazionale del P.N.F.)
Hongaria  -  Mesir  4-2    (Mei 27, Giorgio Ascarelli)
Swedia  -  Argentina  3-2    (Mei 27, Littorale)

Perempat-Final
Republik Ceko  -  Swiss  3-2    (Mei 31, Benito Mussolini)
Jerman  -  Swedia  2-1    (Mei 31, San Siro)
Austria  -  Hongaria  2-1    (Mei 31, Littorale)
Italia  -  Spanyol  1-1 A.E.T    (Mei 31, Giovanni Berta)
Italia  -  Spanyol  1-0    (Jun 01, Giovanni Berta)

Semi-Final
Republik Ceko  -  Jerman  3-1    (Jun 03, Stadio Nazionale del P.N.F.)
Italia  -  Austria  1-0    (Jun 03, San Siro)

Peringkat Ketiga
Jerman  -  Austria  3-2    (Jun 07, Giorgio Ascarelli)

Final
Italia  -  Republik Ceko  2-1 A.E.T    (Jun 10, Stadio Nazionale del P.N.F.)
Sekian update informasi kali ini seputar Kilas Balik Piala Dunia FIFA 1934: Italia Juara untuk Pertama Kali. Semoga bermanfaat buat anda semua. Salam Sepakbola!!
 

Ads

bandarq